Sabtu, 05 Maret 2011

SENYUM PRESTASI YANG TERTUNDA BASKET SMANUM

Jogging lima putaran lapangan basket-terkadang tiga putaran lapangan bola kaki, sprint bolak-balik lapangan basket, gerakan-gerakan deffence maupun offence, dribbling, shooting, rebound, dan latihan -latihan fisik dan teknik yang membuat keringat bercucuran adalah kegiatan rutin para anggota tim basket SMA Nengeri Umbulsari setiap kali berlatih pada hari Minggu, dan Rabu mulai pukul 14.00 - 16.30.
Teriknya panas matahari tidak menyurutkan semangat Tim Basket SMANUM julukan SMA Negeri Umbulsari untuk berlatih dengan keras dan sedemikian giatnya. Tim asuhan puji Cs ini memang sudah biasa untuk berlatih keras di setiap sesi latihannya. Sang pelatih sendiri memang sudah memiliki pengalaman melatih yang tidak sedikit..
Tim yang mayoritas terdiri dari siswa kelas X, satu siswa kelas XI ini saking giatnya berlatih, baru hengkang dari sekolah ketika matahari sudah terbenam. Bahkan terkadang mereka masih menyempatkan diri untuk bermain basket lagi hingga hari sudah gelap dan makan bersama di tempat makan favorit seusai latihan.
Mereka juga sering mengadakan pertandingan persahabatan (sparring) dengan tim sekolah lain baik atas inisiatif sendiri maupun diundang oleh tim sekolah lain, karena disamping sebagai sarana latih tanding, sparring juga merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kerjasama dan skill para anggota tim.
Tidak hanya soal berlatih keras, tetapi para anggota tim juga secara langsung maupun tidak langsung diajarkan untuk disiplin, memiliki team work yang baik, semangat juang yang tinggi, serta tidak besar kepala dan terus mau mencoba untuk lebih berkembang lagi baik dalam skill maupun mental.
Namun dalam metode pelatihannya, puji Cs tidak pernah mendikte satu per satu anak – anak didiknya itu untuk melakukan ini-itu, namun mereka lah yang harus mempunyai kesadaran sendiri untuk dapat mengembangkan sikap-sikap tersebut.
Walaupun banyak cemo’oh dari oknum oknum yang tak bertanggung jawab, kalau tim qt tak akan berkembang. Tetapi perlu di tengok usaha dan kerja keras mereka sangatlah tidak sia-sia dan membuahkan hasil yang memuaskan, karena tim kami mampu memberi perlawan yang cukup merepotkan buat tim lawan, walaupun qt harus acungi jepol buat tim mereka, karena qt kalah dengan mereka, tetapi tim basket kita tidak berhenti di sini, karena kita masih punya spirit dan team yang tidak kalah bagusnya dengan team team lainnya.’ Penegasan dari pak Budi n pak Lutfi PPL.

Tim putri pun telah mengalami revolusi perkembangan yang cukup pesat. Tim putri yang dulu hanya bisa berlatih saja tanpa ada pertandingan yang membantu meningkatkan kwalitas kemampuan team nya… tetapi sekarang Qt mampu menahan imbang permainan dari team gumukmas.
Dalam sebuah tim, kerjasama dan kekompakan adalah hal yang sangat penting untuk dibina dan dijaga. Untuk itu, kebersamaan dalam setiap latihan dan pertandingan-pertandingan telah membuat tim basket kita bersama sang pelatih menjadi tim yang solid dan kompak baik di lapangan maupun di luar lapangan. Meskipun tidak jarang terjadi konflik dan pertengkaran kecil, mereka selalu bisa mengatasi hal tersebut dan sama sekali tidak mengganggu kerjasama saat di lapangan.
Dengan kekompakan yang dimiliki itu, tim basket SMA negeri umbulsari diharapkan memiliki modal yang memadai untuk terus mengembangkan perbasketan sekolah dan terus mengembangkan teknik permainan basket mereka sehingga dapat kembali membawa prestasi-prestasi di kesempatan yang akan datang dan mencetak individu-individu yang tidak hanya pandai secara akademis, namun juga ditunjang dengan fisik dan kepribadian yang baik..

SMANUM yiiiieeehhhhh……….

0 komentar:

Posting Komentar