Sabtu, 03 Juli 2010

RPP kelas VII smester 1. Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Biasa


Sekolah : SMP ……………

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : VII / 1 (Ganjil).

Pokok bahasan : Pecahan

Sub pokok bahasan :penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa

Standar Kompetensi :

· Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

Kompetensi Dasar :

· Melakukan operasi hitung bilangan pecahan biasa.

Indikator :

Agar siswa mampu :

1. Memahami sifat- sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.

2. Menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Agar sisiwa dapat memahami apa yang sudah dinyatakan di indikator.

A. Materi Pokok

Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa


A. Strategi Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran : Kontruktivisme

Model pembelajaran : Kooperatif

Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan

Pemberian tugas.

B. Langkah-langkah Kegiatan

Materi

Alokasi waktu

(menit)

I. Pendahuluan

a. Membahas PR.

b. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.

7’

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi tentang sifat Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa dan memberikan contoh pada tiap – tiap indikator.

2. Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang di bahas.

3. Guru bembagi beberapa kelompok dan memberikan latihan soal pada siswa dan di kerjakan di depan kelas serta dibahas langsung oleh guru dan siswa.

4. Guru memberikan latihan soal ke dua. Disini siswa yang mampu mengerjakan soal dengan benar, dan tercepat di depan kelas, maka siswa akan diberi hadiah oleh guru.

65’

III. Penutup

1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.

2. Siswa dan guru melakukan refleksi.

3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.

8’


A. Media dan Sumber Pembelajaran

Media :

~ Kertas karton

~ Gambar buah (yang dapat menunjukkan kedalam pecahan biasa)

~ Kertas folio

Sumber Belajar

~ LKS PR Matematika Kelas VII semester 1.

~ Buku lain yang mendukung dalam pembelajaran.

A. Penilaian

Teknik : keaktifan siswa, tugas individu, dan kuis siapa cepat dia dapat.

Bentuk instrument : uraian singkat

Contoh Instrumen :

  1. Bayu di beri buah mangga oleh ibunya sebanyak 1/4 bagian, kemudian agung diberi buah apel oleh ayahnya sebanyak 5/8 bagian, berapaka banyak buah yang di miliki agung dan bayu?
  2. ... + 11/8 =
  3. 16/8 + .... = 16/24

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar